Rabu, 16 Februari 2011

SOSIOLOGI

MOBILITAS SOSIAL adalah perpindahan penduduk seseorang atau kelompok orang dari lapisan satu ke lapisan yang lain.
Contohnya : camat yang di angkat menjadi bupati à vertical naik
                        Direktur bank yang di turunkan menjadi staf staf direksi à vertical turun.
KEBUDAYAAN : segala segi kehidupan masyarakat yang dapat untuk memenuhi hidupnya melalui proses belajar.
Bentuk perubahannya :
DIFUSISOSIAL : proses penyebaran kebudayaan dari individu satu ke individu yang lain atau dari masyarakat satu ke masyarakat lain.
AKULTURASI : konsep mengenai proses social yang timbul apabila suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu di hadapkan dengan unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing sedemikian rupa,sehingga kebudayaan asing tersebut lambat laun akan di terima dan diolah ke dalam budaya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu sendiri.
ASIMILASI : proses social yang terjadi karena bertemunya secara intensif antara dua jenis kebudayaan,sehingga masing masing merubah sifat khasnya dan menyatu menjadi kebudayaan campuran.
TIGA TIPE MASYARAKAT DALAM KELAS SOSIAL :




LIMA KRITERIA MENURUT TALKOT PARSON
a.     Karena kelahiran : status seseorang akan dapat tinggi atau rendah atau menempati porsi tertentu dalam suatu organisasi hanya karena dia lahir di keluarga tertentu,karena seorang  laki laki dan perempuan ,
b.     Karena mutu pribadi :
c.      Karena kepemilikan : penilaian kita akan statusnya adalah tinggi dengan maksud supaya kita bisa mendapatkan sesuatu yang kita inginkan.
d.     Karena otoritas : kekuasaan yang sah atau kekuasaan yang di absahkan karena sahnya maka orang lain harus mengikuti tanpa perlawanan.

Tujuan peran  :
a.     Tujuan instrumental : dengan memainkan suatu peran adalah kesempatan untuk mencapai tujuan lain.
b.     Penghargaan : kesempatan untuk dihargai {perasaan di hormati,terpandang,dinilai oleh orang lain sebagai yang penting.
c.      Rasa aman : peran dapat memberikan rasa aman secara ekonomi,social,atau psikologis.
d.     Respon : kesempatan yang di berikan peran tertentu untuk membentuk hubungan social yang memuaskan di mana orang merasa yakin akan kesinambungan kesinambungan respon yang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar