Sabtu, 12 Februari 2011

sosiologi

MOBILITAS SOSIAL adalah perpidahan kedudukan seseorang atau kelompok orang dari lapisa satu ke lapisan yang lain.
Contuohnya : camat yang di angkat jadi bupati  (vertikat naik),direktur bank yang diturunkan menjadi staf direksi (vertical turun)
Pengertian dari
DIFUSI SOSIAL : penyebaran kebudayaan dari individu satu ke individu yang lain atau dari masyarakat satu ke masyarakat yang lain.
AKULTURASI : konsep mengenai proses social yan timbul apa bila suatu kelompok manusia dengan satu kebudayaan tertentu di hadapkan dengan unsur unsure dari suatu kebudayaan asing sedimikian rupa,sehingga kebudayaan asing tersebut lambat akan di terima dan di olah kedalam budaya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu sendiri.
ASIMILASI : proses social yang terjadi karena bertemunya secara intensif antara dua jenis kebudayaan, sehingga masing masing mengubah sifat khasnya dan menyatu menjadi kebudayaan campuran.
5 KRETERIA MENURUT TALLCOT PARSON :
a.     Karena kelahiran : status seseorang dapat tinggi atau rendah atau menem[ati posisi tertentu dalam suatu organisasi hanya karena dia lehir dari keluarga tertentu, keluarga dengan posisi social tertentu karena seorang laki laki atau perempuan karena termasuk dalam ras tertentu dsb
b.     Karena mutu pribadi : seseorang dapat memperoleh nilai yang baik dan orang lain karena ia memiliki kebijaksanaan, usia lanjut, kuat, oandai dsb
c.      Karena prestasi : jika orang sukses dari karirnya atau kedudukannya,maka status secara subjektif akan naik pula.
d.     Karena kepemilikan : penilaian kita akan statusnya adalah tinggi dengan maksud supaya kita bisa mendapatkan susuatu yang kita ingin kan.
e.     Karena otoritas : kekuasaan yang sah atau kekuasaan yang di absahkan karena sahnya maka oorang lain harus mengikutinya tanpa perlawanan.
STATUS OBJEKTIF :
Dilihat sebagai sebagai suatu tatanan (order) hak dan kewajiban sejarahy hierarkis dalam struktur formal organisasi.
Tujuan peran :
A.    Tujuan instrumental : dengan memeainkan suatu peran adalah kesempatan untuk mencapai tujuan lain.
B.     Penghargaan : kesempatan untuk di hargai atau perasaan di hormati, terpandang, di nilai oleh orang lain sebagai yang penting,
C.     Rasa aman : peran dapat memberikan rasa aman secara ekonomi, social, atau spikologi.
D.    Respon : kesempatan yang di berikan peran peran tertentu untuk membentuk hubungan social yangmemuaskan di mana orang meraa yakin akan kesinambungan respon respon yang menyenangkan dari orang orang yang penting baginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar